Tips Mengatasi iPhone, iPad & iPod Touch Yang Sering Crash dan Freeze

Tips Mengatasi iPhone, iPad & iPod Touch Yang Sering Crash dan Freeze

Tips Mengatasi iPhone, iPad & iPod Touch Yang Sering Crash dan Freeze

 

Tips Mengatasi iPhone, iPad & iPod Touch Yang Sering Crash dan Freeze
Tips Mengatasi iPhone, iPad & iPod Touch Yang Sering Crash dan Freeze

Sebagian pengguna iDevice seperti iPhone, iPad atau iPod Touch mungkin sering mengalami crash atau freeze pada saat mereka sedang menggunakan iDevice mereka. Banyak penyebab kenapa hal tersebut bisa terjadi pada iDevice mereka, seperti proses jailbreak tidak berjalan sempurna, penyimpan data suatu aplikasi yang korup, adanya kesalahan pada saat update aplikasi, iOS yang kurang kompatibel dengan aplikasi dan masih banyak penyebab yang lainnya.
Lalu adakah cara untuk mengatasi iDevice yang sering crash atau freeze itu? Ada dong, monggo dicoba tips-tips berikut ini..

1. Restart iDevice
Apabila iDevice kamu mengalami crash maka sebagian besar dari kamu pasti akan melakukan restart iDevice. Caranya hanya dengan menekan tombol wake/sleep yang ada di bagian atas iDevice selama beberapa detik.

2. Tutup Aplikasi Yang Freeze

Terkadang pada saat menjalankan aplikasi, maka iDevice sering mengalami freeze. Jika iDevice sedang freeze maka iDevice tidak akan bisa digunakan untuk beberapa saat, namun kamu bisa menutup aplikasi yang menyebabkan freeze tersebut, yaitu dengan cara menekan dan menahan tombol home selama 5 detik.

3. Melakukan Soft Reset
Soft reset pada iDevice sama halnya dengan melakukan restart pada komputer. Jika kamu melakukan soft reset maka sistem operasi yang sedang berjalan pada iDevice akan berhenti dan akan kembali bekerja pada saat iDevice sudah menyala kembali. Cara untuk melakukan soft reset adalah dengan menekan dan menahan tombol wake/sleep dan tombol home secara bersamaan hingga logo Apple muncul di layar iDevice.

4. Hard Reset
Cara terakhir ini sebenarnya tidak direkomendasikan, namun jika iDevice kamu

mengalami freeze dan kamu sudah melakukan soft reset tetapi tidak berhasil, maka cara ini adalah cara terakhir. Namun jika kamu melakukan hard reset jangan kaget apabila seluruh data dalam iDevice kamu akan hilang, maka untuk mengantisipasinya kamu harus membackup data pada iDevice kamu di komputer dengan menggunakan iTunes. Jika kamu sudah melakukan hard reset maka kamu tinggal merestore seluruh data yang sudah kamu backup dengan menggunakan iTunes pada komputer kamu. Cara untuk melakukan hard reset ini adalah dengan menekan dan menahan tombol wake/sleep dan tombol home selama 10 detik, apabila ada tulisan “slide to power off” maka abaikan saja sampai muncul logo Apple pada iDevice.

Begitulah tips yang bisa kami berikan buat kamu pengguna iDevice yang sering

mengalami crash maupun freeze, semoga tips dari kami bisa bermanfaat buat kamu guys. Selamat mencoba 😀

gambar : cewek mainin iPhone via Shutterstock

Baca Juga: