Teknik Routing

Table of Contents

Teknik Routing

Teknik Routing

Ada beberapa isu utama dalam mengkaitkan sebuah jaringan area lokal (LAN) ke jaringan Internet yang lebih besar. Tentunya secara logika dapat kita bayangkan bahwa harus ada minimal saluran komunikasi fisik yang menyambungkan LAN dengan Internet. Alternatif saluran komunikasi yang tersedia di Indonesia sebetulnya cukup banyak, misalnya, ada yang menggunakan VSAT (satelit), leased line, packet radio, DirectPC dan tentunya telepon. Pada kesempatan ini, saya hanya membatasi pada saluran komunikasi melalui telepon dial-up yang mungkin cocok untuk sekolah-sekolah menengah maupun warung Internet yang tidak terlalu besar.

Beberapa rekan mungkin ingin sekali bereksperimen menggunakan packet radio yang mungkin dapat memberikan solusi alternatif untuk kondisi sarana komunikasi di lapangan yang lebih berat, sangat kami sarankan untuk aktif bergabung di mailing list [email protected], [email protected], [email protected] dan coba mengakses informasi-informasi di ftp://ftp.ucsd.edu/hamradio/packet/tcpip, http://www.tapr.org, http://www.packetradio.org, http://hydra.carelton.ca dan masih banyak lagi di Internet.

Di masa mendatang, kemungkinan besar berawal di tahun 2000 teknologi DirectPC menggunakan VSAT akan mulai menjadi alternatif yang sangat menarik bagi instalasi sebuah warung Internet karena murah dan memiliki bandwidth yang cukup besar. Beberapa perusahaan yang sedang mempersiapkan teknologi ini pada saat tulisan ini ditulis adalah Infokom (Elektrindo Nusantara) & Telkom. Sebetulnya cukup banyak perusahaan asing yang memberikan jasa ini seperti Orion / Loral di Hawaii.

Setelah saluran komunikasi fisik tersambung, masalah lain yang harus dihadapi adalah masalah setup perangkat lunak yang digunakan. Paling tidak ada tiga (3) macam setup yang harus dilakukan, yaitu:

• Setup routing dan domain name agar sekolah / warung Internet kita dapat dikenal di Internet. Pada tulisan ini hanya diterangkan secara singkat yang perlu saja, sedang bagi pembaca yang ingin mempelajari lebih mendalam sangat saya sarankan untuk membaca buku kami berjudul “TCP/IP: disain, implementasi” yang diterbitkan oleh Elexmedia yang telah membahas dengan lengkap tentang teknik-teknik ini.

• Setup PC yang akan menjadi gateway ke Internet. Pada bagian ini akan dijelaskan beberapa inti setup yang perlu dilakukan, agar PC gateway dapat menyambungkan sebuah LAN ke Internet. Sedang detail setup khususnya untuk aplikasi e-mail dan Web akan diterangkan pada bagian yang lain.

• Terakhir adalah setup setiap workstation / PC yang tersambung di LAN agar dapat berbicara dengan baik dengan PC gateway – supaya dapat dengan lancar menggunakan sebuah saluran telepon secara bersama-sama.

Semua contoh yang akan di ambil dalam bagian ini akan menggunakan sistem operasi Windows98 sebagai referensinya. Tentunya konsep yang sama akan dapat diimplementasikan dengan baik di sistem operasi lain seperti UNIX, FreeBSD dan Linux dengan format / sintaks yang berbeda.

Sumber : https://fascinasiansblog.com/