Suku Talang Mamak Dapat Bantuan Fasilitas Pendidikan

Suku Talang Mamak Dapat Bantuan Fasilitas Pendidikan

Suku Talang Mamak Dapat Bantuan Fasilitas Pendidikan

Komitmen mencerdaskan anak bangsa dilaksanakan PT. Pertamina EP Lirik Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), dengan memberikan bantuan fasilitas pendidikan terhadap Suku Talang Mamak serta mensinergikan pelestarian seni budaya yang merupakan warisan turun temurun.

Bantuan fasilitas pendidikan serta mensinergikan pelestarian seni budaya bagi Suku

Talang Mamak yang dilakukan PT.Pertamina EP Lirik, Inhu ini dilakukan sejak tahun 2015 terhadap Suku Talang Mamak yang terdapat di wilayah TNBT Kecamatan Rakit Kulim, Inhu. Tepatnya di kelas jauh SDN 019 Desa Talang Sungai Limau, Kecamatan Rakit Kulim, Inhu.

“Saat itu bantuan awal yang diberikan berupa perlengkapan sekolah seperti, tas buku-buku pelajaran dan alat tulis. Tahun 2016 wilayah Blok Migas Kampar diambil alih oleh PT. Pertamina Hulu Energi Kampar dengan wilayah operasional yang berdampingan dengan pemukiman Suku Talang Mamak. Untuk itu PHE Kampar menunjukkan kepeduliannya terhadap SDN 019 kelas jauh dengan membangun ruang perpustakaan, ruang guru, mushola, pagar dan pengerasan jalan serta pemasangan lampu tenaga surya,” ujar Ahmad Jabbar Lirik Legal & Relation Assistant Manager PT. Pertamina EP Fiel Lirik dan Kampar, Ahad (2/4/17).

Kepedulian PT.Pertamina EP Lirik, Inhu terhadap pendidikan ini menimbulkan

semangat bagi warga Suku Talang Mamak untuk menimba ilmu di bangku sekolah yang selama ini kerap terhambat akses yang jauh, sumberdaya ekonomi yang rendah, infrastruktur sekolah yang kurang memadai serta keterbatasan guru.

Perhatian pihak perusahaan terhadap peningkatan pendidikan di sekolah tersebut membawa dampak positif dengan meningkatnyap minat anak Suku Talang Mamak untuk bersekolah, dimana dari 42 orang siswa yang bersekolah selama ini, meningkat menjadi 53 orang siswa.

“Kendala yang dihadapi, masyarakat Suku Talang Mamak disana mempunyai

persepsi bahwa jika pendidikan anak-anaknya tinggi maka mereka melupakan seni dan budayanya. Untuk itu pihak perusahaan juga melakukan pelatihan dan pendampingan dalam peningkatan seni budaya Suku Talang Mamak yang dilakukan di Wisata Alam Pertamina Lirik. Pelatihan tersebut membuahkan hasil, dimana guru-guru suku talang mamak dan masyarakat yang dilatih berhasil menunjukan kebolehanya dalam tari rentak bulian dan tari persembahan dihadapan penonton dalam gelaran panggung utama Riau Expo,” ungkapnya.

 

Sumber :

https://www.emailmeform.com/builder/form/TLfc5mdS05P3c3