Saluran Telepon ke Internet

Table of Contents

Saluran Telepon ke Internet

Saluran Telepon ke Internet

Pada kesempatan ini kita akan membatasi instalasi sederhana sebuah warung Internet menggunakan saluran telepon yang sifatnya dial-up tidak on terus menerus 24 jam. Tentunya minimal dibutuhkan sebuah PC sebagai gateway yang di hubungkan ke penyedia jasa Internet (ISP) melalui modem yang terhubung ke saluran telepon. Pengenalan modem pada PC dapat dengan mudah dilakukan melalui perintah “Start – Setting – Control Panel – Modem” yang kemudian akan mendeteksi modem yang dihubungkan ke PC gateway. Dengan cara ini maka modem akan dikenal oleh PC gateway yang kita gunakan.

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan agar PC gateway dapat mengkaitkan diri ke Internet melalui penyedia jasa Internet (ISP) melalui modem telepon yang kita miliki adalah dengan mensetup fasilitas Dial up Networking.

Fasilitas dialup networking terdapat pada “My Computer – Dia Up Networking” pada layar komputer sebelah kiri atas. Tampak pada gambar adalah window dari My Computer setelah di klik. Di situ tampak beberapa ikon termasuk ikon fasilitas Dial Up Networking.

Jika fasilitas Dial Up Networking kita klik, dengan asumsi bahwa kita sama sekali belum pernah mensetupfasilitas Dial Up Networking, maka kita akan melihat ikon Make New Connection. Ikon fasilitas Make New Connection akan kita gunakan untuk menset Fasilitas Dial Up Networking yang kita butuhkan. Kebetulan dalam window yang dicontohkan selain ikon Make New Connection telah ada cukup banyak ikon yang telah di set untuk melakukan hubungan dial-up ke beberapa ISP di beberapa kota besar di Indonesia.

Jika ikon Make New Connection di klik untuk menset sebuah hubungan dial-up maka akan tampil beberapa buah window yang dapat digunakan untuk menset hubungan dial up melalui telepon. Pada prinsipnya hanya ada dua buah window utama yang perlu di set pada saat menset hubungan dial-up PC gateway.

Yang pertama adalah window yang memungkinkan kita untuk memilih jenis modem mana yang akan digunakan untuk dial-up. Modem yang dipilih harus dikenalkan dulu kepada system pada bagian “Start – Setting – Control Panel – Modem” atau “Start – Setting – Control Panel – Add New Hardware”. Di samping itu, window ini juga memberikan fasilitas bagi kita untuk menamakan hubungan dialup yang digunakan.

Window selanjutnya adalah tempat kita memasukan nomor telepon dial up dari penyedia jasa Internet (ISP) tempat komputer kita akan terhubung. Sebagai contoh di window tersebut tertera 251-5030 yang merupakan nomor telepon modem di ITB. Bandung.

Baca Juga :