Pro Kontra Metode Pemindai Wajah untuk Registrasi Kartu SIM

Pro Kontra Metode Pemindai Wajah untuk Registrasi Kartu SIM

Pro Kontra Metode Pemindai Wajah untuk Registrasi Kartu SIM

Pemerintah China telah menerapkan kebijakan kepada operator telekomunikasi untuk memindai wajah pengguna yang mendaftarkan nomor telepon barunya di gerai luring (offline) mereka, sejak 1 Desember 2019.

Kementerian Industri dan Teknologi Informasi China mengatakan para operator nantinya mesti menggunakan kecerdasan buatan (AI) dan teknologi terkait untuk memverifikasi identitas pengguna saat mereka menggunakan kartu SIM baru.

Di Tanah Air, regulator tampaknya bakal mengikuti jejak pemerintah China untuk

menerapkan metode yang sama, yakni pemindaian wajah atau facial recognition. Wacana itu diisyaratkan oleh Komisioner Badan Regulasi dan Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Agung Harsoyo.

“Apapun yang KYC (Know Your Customer) membuat lebih bagus akan diterapkan. KYC itu intinya kita mencari sesuatu yang mencirikan bahwa orang itu adalah itu, bukan orang lain atau robot. KYC bisa melalui teks based atau biometrik dengan wajah, sidik jari, dan iris mata,” kata Agung saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (3/12).

Lihat juga:Indonesia Susul China Terapkan Sensor Wajah Aktifkan Nomor HP

Pengamat keamanan siber dari Vaksin.com Alfons Tanujaya mengatakan metode

pemindaian wajah untuk registrasi kartu SIM sebenarnya sudah mulai diterapkan di beberapa negara maju.

Menurut dia, ada sisi positif dan negatif yang harus diperhatikan oleh pemerintah agar menjadi pertimbangan sebelum menerapkan metode ini secara masif.

“Sisi positifnya adalah hal ini akan bisa menekan penyalahgunaan kartu seluler

karena kewajiban mendaftarkan kartu seluler dengan NIK dan nomor KK ternyata masih banyak kelemahannya,” kata Alfons saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (5/12).

“Selain itu, banyak kebocoran di mana penyalahgunaan kartu seluler atau fraud, scam, dan spam menggunakan kartu seluler ini masih sangat banyak,” sambungnya.

 

Sumber :

https://lakonlokal.id/deezer-music-apk/