Pj Gubernur Jawa Barat: Selamat Idulftri dan Mohon Maaf Lahir Batin

Pj Gubernur Jawa Barat: Selamat Idulftri dan Mohon Maaf Lahir Batin

Pj Gubernur Jawa Barat Selamat Idulftri dan Mohon Maaf Lahir Batin

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Ahmad Hadadi, menghadiri acara Halalbihalal 1439 H yang diselenggarakan oleh Pemerintahan Provinsi Jawa Barat, di Gedung Sate, Jalan Diponegoro No. 22, Citarum, Kota Bandung, Senin, 25 Juni 2018.

Acara ini dibuka oleh Pj. Gubernur Provinsi Jawa Barat, Mochammad Iriawan

dengan memberikan sambutan, dan tausyah dari Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud M. Si.

Pada sambutannya, di momen halalbihalal ini Iriawan mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri kepada seluruh tamu undangan yang hadir.

“Atas nama pemerintah Provinsi Jawa Barat dan atas nama pribadi, kami mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri 1439H, minal aidzin wal aidzin mohon maaf lahir dan batin,” ujar Iriawan.

Iriawan juga menyampaikan bahwa, ini merupakan suatu catatan sejarah, karena

bisa berkumpul bersama para undangan pada saat momen perayaan Idulfitri. Ia juga bersyukur telah menjalani kehidupannya di tatar sunda ini. “Orang sunda merupakan orang yang santun, hade tata hade basahormat ka sasama” tambahnya.

Bahasa santun, hormat kepada sesama merupakan ciri khas dari orang-orang sunda. Selain itu ia juga menyebutkan bahwa, teguh pada prinsip dan tidak akan gentar menghadapi permasalahan yang ada merupakan sifat dari orang-orang sunda.

Selain sambutan dari Iriawan, Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr.

H. Mahmud M. Si. memberikan tausyah bertemakan halalbihalal. Dalam tausyahnya ia menyampaikan bahwa selain silih asah, silih asih, dan silih asuh, kita juga harus silih wawangi atau mewangikan.

“Satu lagi yang harus dilanjutkan yaitu silih wawangi. Sebab selain di asah, di asih, dan di asuh, kita harus saling mewangikan, agar putra Jawa Barat ini mengemuka, muncul di nasional,” ujarnya.**

 

Sumber :

https://cloudsoftwareprogram.org/sejarah-peradaban-yunani-kuno/