Peran Sejarah Dalam Ilmu Sosial Lengkap

Peran Sejarah Dalam Ilmu Sosial Lengkap

Peran Sejarah Dalam Ilmu Sosial Lengkap

Peran Sejarah Dalam Ilmu Sosial Lengkap

Peran Sejarah Dalam Ilmu Sosial

Sejarah dan ilmu-ilmu sosial mempunyai hubungan timbal balik. Sejarah diuntungkan oleh ilmu-ilmu sosial, dan sebaliknya. Dalam sejarah baru, yang memang lahir berkat ilmu-ilmu sosial, penjelasan sejarah didasarkan atas ilmu-ilmu sosial, meskipun sejarah punya cara sendiri menghadapi obyeknya. Topik-topik baru terpikirkan berkat ilmu-ilmu sosial. Meskipin demikian perlu diingat bahwasanya sejarah dan ilmu sosial berbeda tujuannya. Tujuan sejarah ialah mempelajari hal-hal yang unik, tunggal, dan sekali terjadi. Sedangkan ilmu-ilmu sosial tertarik kepada yang umum dan berpola. Dalam artian sejarah mementingkan proses dan ilmu-ilmu sosial menekankan struktur.

       Sejarah mempunyai peran untuk ilmu-ilmu sosial lain, yaitu :

  1. Sejarah sebagai kritik terhadap generalisasi ilmu-ilmu sosial

              Ilmu sosial dalam melakukan penelitian tentang suatu masyarakat berusaha untuk merumuskan suatu generalisasi atau teori. Contohnya, Geertz dalam melakukan penelitian di Mojokunto berhasil merumuskan suatu generalisasi atau teori tipologi santri, abangan, dan priyayi. Tori yang dihasilkan dari penelitian di Mojokunto ini ingin diterapkan bagi seluruh Jawa, karena memangilmu sosial berciri melebar dalam ruang, yakni hasil penelitian di Mojokunto dicoba dilebarkan pemakainya hingga meliputi seluruh Jawa atau bahkan seluruh Indonesia, atau bahkan seluruh daerah di dunia ini yang mayoritas penduduknya muslim. Tipologi santri, abangan, dan priyayi mendapat kritik yang tajam dari beberapa sarjana seperti Zaini Muchtarom yang melihat tipologi itu secara konseptual tidak berangkat dari dasar kategori yang sama, dimana kategori santri dan abangan berdasarkan pada tingkat ilmu pengetahuan agama Islam, sedangkan kategori priyayi didasarkan pada pekerjaan, sedangkan secara historis tidak mendapatkan dukungan fakta yang kuat, karena banyak priyayi yang memiliki ilmu agama yang kuat. (Saefur Rochmat,32, 2009)

  1. Permasalahan sejarah dapat menjadi permasalahan ilmu-ilmu sosial

              Materi sejarah seperti Tanam Paksa merupakan salah satu tindakan kriminal yang dilakukan oleh Van den Boach yang menjadi masalah pada masa silam. Dan tindakan kriminal itupun dijadikan sebagai masalah dalam ilmu-ilmu sosial lainnya. Misalnya akibat dari tanam paksa tersebut mengakibatkan kebutuhan ekonomi masyarakat tersebut sulit untuk dipenuhi.( Saefur Rochmat,35, 2009)

 

Artikel terkait :