Pengertian Sumber Terbuka (Open Source)

Pengertian Sumber Terbuka (Open Source)

Pengertian Sumber Terbuka (Open Source)

Pengertian Sumber Terbuka (Open Source)

Pengertian Sumber Terbuka (open source)

Definisi Dan Pengertian Sumber terbuka (open source)- Open source (sumber terbuka) adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh individu lembaga / pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet).

Pola pengembangan model dalam bazaar gaya, sehingga pola Open Source ini ditandai bagi masyarakat adalah dorongan yang berasal dari budaya memberi, yang berarti bahwa ketika suatu komunitas menggunakan program Open Source dan telah menerima manfaat kemudian akan termotivasi untuk menimbulkan pertanyaan apa yang pengguna dapat memberikan kembali kepada masyarakat.

Pola Open Source lahir karena kebebasan berkarya, tanpa intervensi berpikir dan mengungkapkan apa yang mereka ingin menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan menjadi pertimbangan utama ketika dirilis ke publik. Masyarakat lainnya memiliki kebebasan untuk belajar, gangguan, merevisi lagi, membenarkan atau bahkan menyalahkan, tetapi kebebasan ini juga dilengkapi dengan tanggung jawab, bukan bebas tanpa tanggung jawab.

Definisi Dan Pengertian Sumber terbuka (open source)

Definisi Sumber Terbuka (Open Source)

Pada dasarnya, konsep open-source membuka “kode sumber” dari sebuah perangkat lunak. Konsep ini tampaknya aneh pada awalnya karena kode sumber kunci software. Dengan logika dikenal dalam kode sumber, maka orang lain harus dapat membuat fungsi perangkat lunak yang sama. Open source hanya sebatas itu.

Artinya, dia tidak harus gratis. Definisi asli dari open source adalah sebagaimana tercantum dalam OSD (Open Source Definition) / Definisi sumber terbuka.

Pergerakan Sumber Terbuka Dan Perangkat Lunak Bebas

Gerakan perangkat lunak bebas dan gerakan open source kini telah membagi pandangan dan tujuan yang berbeda. Open source adalah dasar metodologi pengembangan, perangkat lunak tidak bebas adalah solusi suboptimal sebuah. Untuk gerakan perangkat lunak bebas, perangkat lunak tidak bebas adalah masalah sosial dan perangkat lunak bebas adalah solusinya.

Sumber : http://www.disdikbud.lampungprov.go.id/perencanaan/pengertian-ihsan.html