MEMBUAT GARIS VERTIKAL, HORIZONTAL DAN DIAGONAL

MEMBUAT GARIS VERTIKAL, HORIZONTAL DAN DIAGONAL

MEMBUAT GARIS VERTIKAL, HORIZONTAL DAN DIAGONAL

MEMBUAT GARIS VERTIKAL, HORIZONTAL DAN DIAGONAL
MEMBUAT GARIS VERTIKAL, HORIZONTAL DAN DIAGONAL

Tugas membuat garis vertical,diagonal dan horizontal dengan menggunakan openGL. Ulasan sedikit tentang pengertian OpenGL(Open Graphics Library)adalah suatu perangkat pembuat grafis standard yang digunakan untuk keperluan pemrograman grafis. OpenGL bersifat opensource, multi-platform dan multi language. Saat ini semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSD,Dev C++.OpenGL bukanlah bahasa pemrograman tetapi merupakan suatu Application Programming Interface (API).
Langkah awal membuat program OpenGl.Pertama yang harus yang kita lakukan pastikan leptop anda sudah terinstal aplikasi ini kalau belum lakukan dengan cara menginstal Dev C++ dan gluth.h yaitu header yang digunakan untuk openGL.Karena software inilah yang akan digunakan untuk bekerja dengan openGL.Buka Dev C++ untuk memulai project baru.Sedangkan beberapa library yang telah ditulis untuk menyediakan fungsi-fungsi tambahan pada OpenGL adalah :

A. OpenGL Utility Library (GLU) yang didalamnya terdapat sejumlah rutin yang menggunakan level bawah dari perintah OpenGL. Rutin-rutin ini mempunyai awalan glu. Library ini digunakan sebagai bagian dari implementasi OpenGL.

B. OpenGL Extension untuk X-Windows yang menyediakan fungsi untuk menciptakan OpenGL context dan mengasosiasikannya dengan mesin yang menggunakan X-Windows. Rutin-rutin ini mempunyai awalan glx.

C. Auxiliary atau aux library terdapat pada library glaux.lib dan file header glaux.h. Perintah yang akan digunakan selalu menggunakan awalan aux

D. OpenGL Utility Toolkit (GLUT) adalah toolkit untuk sistem windows yang ditulis oleh Mark Kilgard untuk menyembunyikan perintah API sistem windows yang kompleks.

Baca Juga :