MANAJEMEN PRODUKSI

MANAJEMEN PRODUKSI

MANAJEMEN PRODUKSI

PERKEMBANGAN MANAJEMEN PRODUKSI

Perkembangan manajemen produksi tumbuh pesat karena adanya factor DIVISION OF LABOUR atau pembagian kerja yang berguna, karena produksi  dapat efisien dan efektif  dan dimungkinkan dicapainya kualitas tinggi.

      Selain hal itu ada factor lainnya yaitu pergantian tenaga kerja manusia dengan mesin,disamping menghemat waktu penggunaan mesin juga dapat mengurangi biaya produsi tetapi penggunaan mesin produksi juga menimbulkan masalah yaitu beban pengangguran yang tak kentara yang dsebabkan hasil kerjanya tak maksimal karena banyak digantikan oleh mesin produksi.

  1. PENGERTIAN MANAJEMEN INDUSTRI

      Manajemen produksi  adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh  lembaga produksi  yang bertujuan untuk memperoleh koordinasi,keefisiensian dan keefektifan  kerja.

  1. PENGERTIAN PRODUKSI

     Produksi  ialah suatu proses membuat suatu barang jadi atau setengah jadi  yang berasal dari bahan baku alam atau yang lainnya.

  1. PROSES PRODUKSI
  2. Proses produksi ditinjau dari teknik yang dilakukan:
  • Proses pengubahan
  • Proses analitis
  • Proses ekstratif
  • Proses sintetis

   proses produksi ditinjau dari kelangsungan hidup perusahaan:

       Ada dua cara yaitu dengan cara terputus putus maksudnya produksi dilakukan apabila ada pesanan dari pihak konsumen akan prduk tersebut, yang satu dengan cara terus menerus,biasanya dilakukan oleh industry besar atau go public dan karenaproduk itu sudah terkenal dan banyak pelanggannya.

PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM MANAJEMEN PRODUKSI

     Biasanya pengambilan keputusan apabila ada masalah dalam  yang disebabkan ketenaga kerjaan,kualitas produk,biaya produksi,variasi produk.

RUANG LINGKUP MANAJEMEN PRODUKSI

      Ruang lingkup manajemen hanya ada dua tahap,yang pertama perencanaan system dan yang kedua penggunaan system tersebut.

Sumber : https://solopellico3p.com/