Latar Belakang Kedatangan Belanda di Indonesia

Latar Belakang Kedatangan Belanda di Indonesia

Latar Belakang Kedatangan Belanda di Indonesia

Latar Belakang Kedatangan Belanda di Indonesia

Latar Belakang Penjajahan Belanda

Salah satu bahan kebutuhan yang sangat dicari oieh bangsa Eropa yang mempunyai ikiim dingin adalah rempah-rempah. Rempah-rempah tersebut seperti cengkih, pala, dan lada yang berguna untuk obat-obatan, penyedap. makanan, serta pengaweet makanan.

Daerah penghasil rempah-rempah yang terkenal sejak zaman dahulu adalah Maluku. Bangsa Eropa tersebut membeli rempah-rempah dari Maluku. Bangsa Eropa menyukai rempah-rempah Maluku, karena mutu rempah-remaph Maluku sangat bagus dan hargnya lebih murah bila disbanding dengan hatga dari tempat lain.

Oleh karena itu, bangsa-bangsa Eropa pada awal abad ke-15 mulai melakukan penjelajahan samudra. Tujuan. Penjelajahan samudra tersebut adalah mencari kekayaan, membeli rempah-rempah secara langsung dari tempat asalnya dengan harga lebih murah. Bangsa Eropa tersebut juga bermaksud memperoleh kejayaan dan menyebarkan agama Nasrani. Namun, tujuan tersebut kemudian berubah menjadi penjajahan. Keinginan bangsa Eropa tersebut sering disebut dengan semboyan 3G (gold yaitu mencari kekayaan, glory yaitu mencari kejayaan, dan gospel yaitu menyebarkan agama).

Kedatangan Bangsa Belanda

Untuk pertama kalinya Belanda sampai ke Indonesia pada tanggal 22 Juni 1596. Armada Belanda berhasil mendarat di Banten, Jawa Barat di bawah pimpinan Cornelis de Houtman dan Pieter Keyzer. Pada awalnya, kedatangan bangsa Belanda disambut baik oleh sultan Banten. Kegiatan perdagangan di Banten menjadi ramai. Namun, hal itu tidak berlangsung lama. Bangsa Belanda berubah menjadi serakah dan kasar. Sikap itu menyebabkan mereka dimusuhi dan diusir dari Banten.

Untuk kedua kalinya pada tahun 1598, rombongan pedagang Belanda tiba di Banten di bawah pimpinan Jacob van Neck, kemudian disusul armada yang dipimpin Warwijk. Kedatangan mereka diterima dengan baik oleh penguasa Banten. Saat itu Banten sedang mengalami kemunduran akibat tindakan orang-orang Portugis.

Keadaan ini dimanfaatkan oleh Belanda untuk melakukan hubungan perdagangan. Banyak pedagang Belanda datang ke Indonesia. Selain para pedagang dari Belanda, juga datang para pedagang Eropa lainnya sehingga muncui persaingan anta pedagang.


Sumber:

https://kelasips.co.id/