Landasan Pengertian Komunikasi Antar Budaya

Landasan Pengertian Komunikasi Antar Budaya

Landasan Pengertian Komunikasi Antar Budaya

Landasan Pengertian Komunikasi Antar Budaya
Landasan Pengertian Komunikasi Antar Budaya

Berkat kemajuan teknologi transportasi dan teknologi komunikasi, peradaban manusia kini sampai pada tahap yang memungkinkan mereka berinteraksi dengan berbagai budaya lain. Sebagian interaksi budaya itu bersifat tatap muka, sebagian lagi lewat media massa, sebagian interaksi bersifat selintas (berjangka pendek), sebagian lagi berjangka panjang atau permanen.

Melancong ke mancanegara, belajar di luar negeri, melobi pengusaha asing, meyakinkan wakil negara sahabat akan kebijakan politik negara sendiri, konferensi lintas agama demi perdamaian dunia, konsultasi dokter dengan pasien, diskusi antara orang tua dengan putrinya yang duduk di bangku SMA, pengarahan atasan kepada bawahan, penayangan berita lewat TV tentang invasi suatu negara/ras, seorang murid pindah sekolah, melakukan pijat dengan tunanetra, diskusi LSM pembela kaum perempuan dengan wakil pemerintah daerah, dll pada dasarnya merupakan komunikasi antara orang-orang berbeda budaya, seberapa kecil pun kadar perbedaan budaya tersebut. Jadi semua itu adalah fenomena komunikasi bernuansa perbedaan budaya.

KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA / KAB (intercultural communication) adalah proses pertukaran pikiran dan makna antara orang-orang yang berbeda budaya.1 Ketika komunikasi terjadi antara orang-orang berbeda bangsa, kelompok ras atau komunitas bahasa, komunikasi tersebut disebut komunikasi antar budaya. Jadi pada dasarnya KAB mengkaji bagaimana budaya berpengaruh terhadap aktivitas komunikasi : apa makna pesan verbal dan nonverbal menurut budaya-budaya bersangkutan, apa yang layak dikomunikasikan, kapan mengkomunikasikannya, bagaimana cara mengkomunikasikannya (verbal dan nonverbal), dsb.

KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA / KLB (cross-cultural communication) secara tradisional membandingkan fenomena komunikasi dalam budaya-budaya berbeda. Contoh bagaimana gaya komunikasi pria dalam budaya Amerika dan budaya Indonesia. Tetapi lambat laun KAB dan KLB sering dipertukarkan. Secara konvensional KAB lebih luas dan lebih komprehensif daripada KLB.

Baca Juga :