Komponen Perangkat Keras (Hardware)

Komponen Perangkat Keras (Hardware)

Komponen Perangkat Keras (Hardware)

Komponen Perangkat Keras (Hardware)

CPU terdiri dari berbagai komponen perangkat keras yg berfungsi sebagai alat proses, di antaranya adalah motherboard, processor, memory, VGA, modem, dan sound card. Pada bagian belakang kotak CPU terdapat port untuk alat input dan alat output. Berikut ini adalah penjelasan dari alat-alat tersebut.

Motherboard (Mainboard)

Motherboard (mainboard) adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen komputer saling terhubung. Pada motherboard terdapat beberapa slot untuk meletakkan perangkat lainnya, seperti slot memory, slot VGA card, slot soundcard, slot modem, dan sebagainya.

Processor

Processor merupakan bagian utama dari CPU. Processor mempunyai fungsi yg sama seperti halnya otak pada manusia, yaitu mengendalikan semua kinerja dari bagian CPU lainnya, seperti mengatur penjadwalan proses, mengatur komunikasi antarbagian pada CPU, dan mengatur proses perhitungan.

Memory

Memory merupakan bagian dari CPU yg berfungsi untuk menyimpan instruksi-instruksi dan data-data yg diperlukan untuk menjalankan operasinya. Semakin besar kapasitas memory CPU, semakin cepat proses pengolahan datanya.

VGA

VGA (Video Graphics Adapter) adalah standar tampilan computer yg berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Dalam penggunaannya, VGA ada yg sudah tergabung di dalam motherboard, dan ada juga yg berupa kartu VGA yg diletakkan pada port VGA dalam motherboard. Hal ini bergantung pada spesifikasi motherboard, apakah VGAnya onboard atau tidak. Untuk proses desain grafis atau bermain video game di komputer diperlukan kartu VGA yg berdaya tinggi agar komputer dapat dioperasikan.

Sound Card

Sound card (kartu suara) adalah perangkat keras komputer yg digunakan untuk memproses data digital berbentuk suara. Pada awalnya, sound card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card merupakan perangkat wajib di setiap komputer. g. Port untuk Alat Input dan Alat Output Pada bagian belakang dari kotak CPU terdapat port untuk alat input dan alat output. Port ini digunakan untuk mengatur keluar masuknya data atau informasi pada CPU. Jenis port ini di antaranya adalah port USB, port printer, port VGA, port mouse, port keyboard, dan port untuk alat input atau alat output lainnya.


Sumber:

https://www.dosenpendidikan.co.id/