Cara Membuat Media Tanam Untuk Tanaman Dalam Pot

Cara Membuat Media Tanam Untuk Tanaman Dalam Pot

Cara Membuat Media Tanam Untuk Tanaman Dalam Pot

Cara Membuat Media Tanam Untuk Tanaman Dalam Pot

Jika anda ingin membudidayakan tanaman di dalam pot, maka anda memerlukan media tanam yang bagus dan baik untuk menunjang pertumbuhan tanaman tersebut. Ada beberapa hal dalam membuat media tanam yang perlu anda perhatikan yaitu :

Sekam bakar

Media tanam harus mampu menompang tanaman dengan kokoh, sehingga tanaman dapat berdiri tegak serta tidak mudah roboh. Dengan demikian, anda harus memilih sebuah media tanam yang baik, tidak mudah lapuk serta dapat tahan lama.

Media tanam harus mempunyai sifat porous, sehingga dapat mengalirkan kelebihan air ketika tidak dibutuhkan, sehingga tanaman bisa terhindar dari genangan air dan kelembaban udara yang tinggi. Dengan begitu anda harus menggunakan media tanam yang mempunyai lubang / rongga untuk drainase supaya berjalan lancar.

Unsur hara

Media tanam harus mempunyai unsur hara yang diperlukan oleh tanaman, baik itu dari unsur mikro maupun makro, sehingga kebutuhan dari tanaman akan nutrisi bisa terpenuhi. Maka anda harus menambahkan pupuk kimia dan organik pada media tanam.

Tanaman membutuhkan sebuah media tanam yang sehat, bersih, serta tidak terkontaminasi dengan jamur, virus, bakteri / tercemar bahan kimia sehingga dapat mengganggu pertumbuhan dari tanaman tersebut. Untuk memperoleh media tanam yang seperti itu anda dapat melakukan penjemuran dengan terik matahari selama 2 hari, bisa juga dengan sering memakai fungisida dan pertisida pada media tanam. Pada umumnya campuran untuk media tanam di dalam pot yaitu tanah, pasir, sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan 3 : 1 : 1 : 1. Namun media tanam sebaiknya dibuat sesuai dengan tanaman yang akan anda budidayakan.

Media tanam

Salah satu media tanam yang cocok untuk tanaman beranting adalah daun bambu, media tanam berjenis andam ini dalam bahasa inggris bernama mulch. Bahan ini sangat mudah diperoleh yang terpenting daunnya sudah tua serta mengering. Untuk mendapatkan media tanam yang mempunyai sifat porous maka anda dapat mencampurkan kedua bahan tadi dengan perbandingan andam : daun bambu >> 2 : 1. Untuk pengaplikasian anda dapat langsung memakainya untuk menanam atau bisa juga anda rendam dahulu dengan air tawar. Sekian ulasan dari saya tentang cara membuat media tanam di dalam pot, selamat mencoba.

 

Sumber : https://lahan.co.id/