Apa itu MySQL dan Sejarahnya

Apa itu MySQL dan Sejarahnya

Apa itu MySQL?

MySQL adalah sebuah sistem perangkat lunak yang mempunyai sistem manajemen berbasis data SQL (database management system) atau DBMS yang multi-user, sekitar 6 juta instalasi di seluruh penjuru  dunia. MySQL AB membuat MySQL yang  tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah sebuah lisensi GNU General Public License (GPL), tapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus yang dimana penggunaannya tidak sama dengan penggunaan GPL.

Sejarah Singkat MySQL

Tidak sama dengan proyek-proyek yang lain seperti proyek Apache, dimana perangkat lunaknya dikembangkan oleh komunitas umum, dan hak cipta untuk kode sumber dipunyai oleh penulisnya sendiri-sendiri, MySQL disponsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia MySQL AB, dimana memegang hak cipta hampir semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia itu yang mendirikan MySQL AB ialah: David Axmark, Allan Larsson, dan Michael “Monty” Widenius.

Pengertian singkat tentang MySQL

MySQL adalah implementasi dari sebuah sistem manajemen basisdata relasional (RDBMS) yang disebar secara gratis dibawah naungan lisensi GPL (General Public License). Dan untuk setiap penggunanya dapat menggunakan secara bebas dalam memakai MySQL, tetapi dengan batasan-batasa perangkat lunak tersebut tidak diperbolehkan untuk dijadikan produk turunan yang mempunyai sifat  komersial. MySQL sesungguhnya merupakan turunan dari salah satu konsep utama dalam basisdata yang telah ada sebelumnya; SQL (Structured Query Language).