5 Pertimbangan Sebelum Memutuskan Update iPhone dan iPod ke iOS 13

5 Pertimbangan Sebelum Memutuskan Update iPhone dan iPod ke iOS 13

5 Pertimbangan Sebelum Memutuskan Update iPhone dan iPod ke iOS 13

 

5 Pertimbangan Sebelum Memutuskan Update iPhone dan iPod ke iOS 13
5 Pertimbangan Sebelum Memutuskan Update iPhone dan iPod ke iOS 13

Ada 5 alasan kenapa iPhone dan iPod Touch untuk tak buru-buru di-update ke iOS 13. Alasan-alasan ini bisa dipertimbangkan pengguna sebelum memutuskan untuk upgrade ke sistem operasi mobile terkini Apple tersebut.

Melansir Gadget Hacks, Jumat (20/9/2019), tak kurang dari 200 perubahan atau fitur baru hadir di iOS 13. Namun, tak semua fitur baru berjalan dengan optimal. Berikut 5 pertimbangan tersebut:

1. Dark Mode Belum Optimal

Dark Mode atau tema gelap jadi salah satu fitur unggulan iOS 13 yang menawarkan kenyamanan pada mata dan menghemat baterai untuk ponsel dengan layar OLED. Namun, fitur ini dilaporkan masih belum optimal dan beberapa bagian masih menampilkan latar belakang putih.

Bentrokan antara latar putih dengan Dark Mode mengganggu sisi estetika dan juga kenyamanan mata. Saat mata pengguna terbiasa dengan Dark Mode, mata akan silau dan kurang nyaman ketika tiba-tiba muncul latar belakang putih yang terang.

2. Tak Semua Aplikasi Mendukung Dark Mode

Sebagian besar aplikasi yang dikembangkan oleh Apple telah mendukung fitur ini. Apple bahkan telah merilis API untuk memanfaatkan fitur Dark Mode. Namun, sebagian aplikasi buatan pihak ketiga masih ada yang belum mendukung tema gelap.

Ini memang bukan kekurangan yang fatal karena secara perlahan para pengembang akan menggulirkan Dark Mode ke aplikasi buatannya. Perpindahan dari antarmuka gelap ke latar terang pada aplikasi yang belum mendukung tentunya membuat mata kurang nyaman.

3. Masalah Pemindahan Aplikasi

Dilaporkan bahwa fitur pemindahan aplikasi di iOS 13 masih mengandung bug yang mungkin agak mengganggu. Apple menambahkan opsi Rearrange Apps saat menekan lama layar dan itu dapat mengacak tampilan aplikasi dan membuat pengguna bingung.

Baca juga: Cara Download, Update, dan Instal iOS 13 di iPhone & iPod Touch

4. Perubahan Cara Kerja 3D Touch

iOS 13 menambahkan penggantian fungsi tekan lama 3D Touch ke semua iPhone, bukan hanya yang tanpa 3D Touch. Sehingga, pengguna akan dapat mengaktifkan menu opsi yang diperluas baik dengan sentuhan paksa atau dengan tekan lama.

Artinya, tidak ada perbedaan antara iPhone dengan 3D Touch maupun tanpa 3D Touch. Perubahan ini dapat dimaklumi karena Apple mungkin mengakomodir iPhone 11 yang tidak lagi dilengkapi fitur 3D Touch.

5. Belum Bisa Di-Jailbreak

Seperti biasa, iOS rilis terbaru biasanya masih belum bisa dilakukan Jailbreak. Artinya, pengguna yang terbiasa bebas dengan fiur Jailbreak harus menunggu hingga ditemukan cara untuk menembusnya. Praktik Jailbreak sendiri mirip dengan rooting di Android, sehingga tidak direkomendasikan oleh Apple.

Bagaimana jika sudah terlanjur melakukan upgrade ke iOS 13? Apple tidak merekomendasikan downgrade, meski ada beberapa situs web yang menawarkan tutorial, dari iOS 13 ke iOS 12.4.1.

Adapun OS 13 secara resmi telah ‘disebar’ Apple mulai hari ini, Jumat, 20 September

2019. Apple menggulirkan iOS 13 ke 15 perangkat yang mendukung, yaitu iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus.

Gawai selanjutnya, yaitu iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone SE, dan iPod Touch (generasi ke-7). Tak ada perangkat iPad di sini, lantaran memakai sistem operasi khusus Apple untuk gawai tablet yakni iPadOS.

Sumber:

https://haciati.co/snowboard-party-2-apk/